Beberapa manfaat dari tomat cherry bagi kesehatan

Tomat mempunyai berbagai macam ragam bentuk dan ukuran, tomat cherry adalah salah satu yang mempunyai ukuran yang paling kecil. Walaupun tidak terlalu populer dari pada tomat pada umumnya. Nyatanya tomat cherry mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tomat cherry mempunyai bentuk sedikit lonjong atau bulat dengan warna yang merah cerah. kebanyakan dari tomat cherry mempunyai rasa yang asam, namun ada juga jenis tomat yang mempunyai rasa yang manis disebabkan mempunyai kandungan gula yang lebih tinggi.

Nutrisi yang terdapat pada tomat cherry sama bagusnya dengan tomat yang umumnya. Dengan 100gram dari tomat cherry memiliki kandungan 26 kalori, 5 gram karbohidrat, dan 1.6 gram protein. Buah mungil yang satu ini juga mempunyai kandungan serat yang tinggi hingga 1.6 gram dan bermacam mineral dan vitamin.

Mineral dan vitamin yang tertinggi pada tomat cherry seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, Vitamin B kompleks, Vitamin C, dan Vitamin A. Dengan berbagai macam nutrisi ini membuat tomat cherry mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan berbagai macam manfaat dari tomat cherry:

1. Bisa menjaga kesehatan kulit

Tomat cherry memiliki kandungan beta karoten dan vitamin C yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Malah kandungan dari beta karoten yang terdapat pada tomat cherry lebih banyak daripada dengan tomat yang pada umumnya.

Vitamin C mempunyai peran penting dalam merangsang pembentukan pada kalogen. Kalogen merupakan protein yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, kelenturan dan kekuatan pada kulit. Sedangkan beta karoten mempunyai peran untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker

Ada banyak macam antioksidan yang terdapat pada tomat cherry. Diantaranya seperti senyawa antioksidan fenolik, likopen, vitamin C dan Vitamin A. Antioksidan dapat membantu untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel pada tubuh serta dapat memicu pertumbuhan pada kanker.

Likopen yang terdapat di tomat cherry mempunyai manfaat untuk sistem peredaran darah dan kesehatan jantung. Caranya adalah dengan meningkatkan senyawa khusus dan menjaga kadar kolestrol yang dapat lindungi pembuluh darah dari peradangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *